Cara Menyampaikan Keluhan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, yaitu sebuah Badan Usaha Milik Negara yang memiliki peran untuk menyelenggarakan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia.

Pada mulanya, lembaga ini sebenarnya lebih dikhusukan bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pensiunan PNS serta TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta anggota keluarganya dan Badan Usaha lainnya. Akan tetapi, bagi warga-masyarakat biasa mereka juga diizinkan untuk mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada 31 Desember 2013. BPJS Kesehatan mulai aktif memberikan layanan kepada masyarakat pada tanggal 1 Januari, 2014. Sementara itu, BPJS Ketenagakerjaan mulai aktif beroperasi pada tanggal 1 Juli 2014.

Lembaga BPJS Kesehatan dahulunya dikenal sebagai Askes (Asuransi Kesehatan). Askes dikelola oleh PT. Askes Indonesia (Persero), namun kemudian berdasarkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, per tanggal 1 Januari 2014 PT. Askes Indonesia Askes kemudian berubah menjadi BPJS.

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan dan ingin menyampaikan suatu hal atau keluhan, Anda dapat menggunakan link ini untuk menyampaikan keluhan Anda.

Pastikan Anda mengisi semua bidang yang wajib diisi, meliputi nama, email, no. telp, judul, pokok masalah, dan keluhan atau pesan yang ingin Anda sampaikan.

Sampaikan keluhan Anda secara etis dan deskriptif agar keluhan Anda nantinya akan mendapat respon positif dari pihak BPJS Kesehatan.

Demikian info singkat cara mengirim keluhan BPJS Kesehatan secara online, semoga informasi ini berguna bagi Anda, khususnya bagi Anda yang benar-benar membutuhkan informasi ini.

Info seputar BPJS Kesehatan » www.bpjskesehatan.link

Post title: Cara Menyampaikan Keluhan BPJS Kesehatan

Blog ini dibuat untuk tujuan sharing informasi seputar BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta informasi tentang asuransi dengan harapan dapat memberikan resource informasi yang bermanfaat.

Apabila Anda ingin co-pas artikel, dimohon dengan sangat untuk menyertakan link yang menuju ke laman artikel Cara Menyampaikan Keluhan BPJS Kesehatan ini.

Jika artikel pada laman ini bermanfaat, silakan like/bagikan dengan teman Anda di social media dengan menggunakan widget share dibawah ini.

70 Responses to "Cara Menyampaikan Keluhan BPJS Kesehatan"

  1. Kpd yth bpjs... mohon kiranya untuk kartu yg nunggak dapat DIAKTIFKAN sesegera mungkin setelah dibayar.... kalo yg baru daftar ya kita maklumi... karena setahu kami sistem online setelah setor ke bank uang telah terdebet ke bpjs... seperti pembayaran TOKEN LISTRIK tak perlu menunggu 14 hari setelah dibayar...

    BalasHapus
  2. Yth bpjs. Saya ingin menanyakan mengenai pembayaran bpjs untuk kelas 1 yang seharusnya rp,80000, hari ini saya melakukan pembayaran bpjs di agen setempat dan kena harga rp.160000, kenapa koq begitu?
    tolong penjelasannya...terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yg anda alami sama dengan saya, ini saya barusan bayar bpjs kelas 1 blan ini kenak 160rb padahal bulan kmrin bayar kenak 80rb dan pembayaran rutin.

      Hapus
    2. betul, sya juga ngalamin. saya udah bayar, eh malah ga bisa dipake katanya saya nunggak 2 bulan + Padahal tagihannya naek ga seperti biasanya, gimana komplainnya?

      Hapus
  3. kepada BPJS Kesehatan

    Ibu saya peserta BPJS kesehatan dengan no VA 8888801321478695 an Juliati Jahja, biasa bayar RP 80.000, tetapi di bulan september ini menjadi rp 400.000, setelah kami hitung ternyata dia memasukkan adik kami yang kerja di luar negeri, dengan demikian adik kami harus bayar walaupun tidak bisa memanfaatkan BPJS kesehatan, mohon solusi,kiranya BPJS kesehatan dapat memberikan solusi terhadap keadaan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasus kita hampir sama, yg lebih parah saya,gk ada org itu di keluarga saya,tp koq di bpjs ada org itu yg lebih parahnya saya harus bayarkan jg bulananya..

      Hapus
    2. kasus seperti ini pun menimpa sya,, kejadiannya september 2016 juqa karna saya pindah kerja keluar kota dan sya lupa untuk membayar tagihan dqn no. 8888801325501109 dan 8888801325500233 a/n orang tua sya yq biasa sya bayar per bulan 51.000/oranq itu menjadi 900.000/orang... temen sya pun mendatangi kantor bpjs yang ada di bandung stlh komplen kata'y mesti ada struck pembayaran terakhir sementara struck itu ntah dimana dan akhir'y karna ga ada yang mengurus BPJS yang udah sya bayar selama kurang lebih 2 tahun ga sya lanjutin...

      Hapus
  4. yth.pihak bpjs saya mau menyampaikan pertanyaan.kenapa pembayaran bpjs untyk bukan ini yang biasanya saya membayar Rp.80.000,mengapa jadi harus membayar Rp 240.000.tolong penjelasannya?

    BalasHapus
  5. yth BPJS,,,,
    bapak dan ibu saya juga sama keluhannya,,
    tiap bulan bayar 25.500 kelas 3,, bulan ini mau bayar kok tertera tagihan 714.000 / orang. ada apa dengan BPJS ini

    BalasHapus
  6. Yth bpjs. Saya ingin menanyakan mengenai pembayaran bpjs untuk kelas 1 yang seharusnya Rp,80000, hari ini saya melakukan pembayaran bpjs bapak dan ibu saya di ATM BNI dan kena harga rp.160000 perorang,jadi 2 orang kena 320.000 kenapa koq begitu?padahal cuma bayar untuk 1 bulan
    tolong penjelasannya...terimakasih.

    BalasHapus
  7. Kepada BPJS kesehatan .
    Hari ini saya membayar bpjs. Saya memasukan no VA saya tapi yang keluar malah no bpjs ayah saya.
    Dan saat saya memasukkan no VA 8888801336892725 saat transaksi ternyata jumlah tagihan yang saya bayarkan adalah Rp.153.000 dari yang seharusnya Rp.51.000 mohon penjelasan dan solusi atas kerugian baik secara financial atau informasi.
    Terimakasih

    BalasHapus
  8. Yth bpjs. Saya ingin menanyakan mengenai pembayaran bpjs untuk kelas 1 yang seharusnya rp,80000, hari ini saya melakukan pembayaran bpjs di agen setempat dan kena harga rp.160000, kenapa koq begitu?
    tolong penjelasannya...terimakasih.

    Kata dari CS BPJS Kesehatan Kab.Semarang Jawatengah. karena sistem pembayaran langsung satu keluarga.

    nah kalo gitu keluarga yang 1 kk yang lain seharusnya tidak ada tagihan dong.

    tapi kenyataanya keluarga 1 KK yang lain pun kena tagihan yang sama besar (160rb)

    gimana penjelasannya

    terimakasih

    BalasHapus
  9. Yth BPJS kesehatan,

    Saya ingin mengeluhkan tentang pembayaran bpjs yang baru berlaku 1 september 2016 kemarin, saya sangat menyayangkan kenapa pembayaran bpjs harus semua yang terdaftar pada Kartu keluarga harus dibayarkan pada saat bersamaan, saya kira hal tersebut sangat memberatkan apabila ada anggota keluarga yang menunggak pembayaran, sedangkan salah satu anggota keluarga yang aktif menggunakan bpjs dan tidak ada tanggungan harus membayarkan tunggakan pembayaran bpjs anggota keluarga yang lain agar bisa menggunakan kartu BPJS

    Mohon ditanggapi keluhan saya

    BalasHapus
  10. Selamat malam bpk atau ibu terhormat bpjs saya mau menanyakan saya tidak sanggup bayar lagi bagaimana solusi nya saya sudah kedinas sosial dan ke bpjs Denpasar yang berada di gatsu tengah.Saya kesana pihak bpjs mengatakan kepada saya kalau bpk tidak sanggup bayar ya biarkan saja,saya bilang kok tanggap anda begitu beliau bilang silakan laporankan saja kok gampang sekali mengatakan begitu mohon bimbingannya bpk atau ibu ini nomor hp saya 081236644156

    BalasHapus
  11. dear bpjs kesehatan, kaka saya sudah meninggal kenepa masih ditagih.

    mohon maaf ini saya buat surat terbuka ini, saya bayar bpjs seperti biasa, karena kaka saya sudah meninggal dan meninggalkan seorang anak. beliau meninggal pada bulan mei 2016 dan merupakan pelanggan setia bpjs kesehatan kelas 2, dan kemarin ketika saya mau bayar tagihan anaknya saya sungguh kaget tagihannya sampai 250.000an, saya gak langsung bayar dan mendatangi kantor bpjs kesehatan... daftar jam 8 pagi dan dilayani jam 5 sore kebayang kan nunggunya berapa jam...

    singkat cerita saya dipanggil dan ketemu dengan ibu adminnya saya duduk dan menyerahkan kartu bpjs keponakan saya dan bertanya kenapa sampai sebesar ini pembayarannya, dia cek dan katanya ini tagihan ibunya saya bilang ibunya sudah meninggal bulan mei mei 2016 masa saya harus bayar dan itu masuk akal bagi saya. dan dia bilang ini sistem pak kalau bapak tidak lapor maka tagihannya akan terus berjalan. saya bilang lagi apa tak ada kebijakan mba saya merasa berat jika harus bayar seperti yg tertera lagi pula saya tidak tau jika ada peraturan ini coba di tulis di belakang kartu maximal pada bulan tsb ini kan ditulis segala perubahan dan kehilangan kartu segera lapor, kata segera itu kan dapat dipahami berbeda karena kesibukan setiap individu. dia bilang tidak ada kebijakan dan saya harus bayar, baru itu sistem bisa di nonaktifkan.

    kesimpulannya tolonglah bpjs juga harus mengerti kondisi, ini meninggal kami kehilangan orang tercinta dan waktu itupun kaka saya masuk icu bpjs cuma mau claim sebesar 3jutaan ya memang kaka saya naik kelas perawatan ok itu kesalahan saya dan keluarga, tapi masa jika saya telat lapor meninggal saya tetap harus bayar yg katanya dgn alasan sistem ttp berjalan... ini meninggal loh bukan mangkir, dan alasan kenapa saya tak cepat lapor saya sekarang juga nunggu berapa jam coba hanya buat bicara 10 menit di kantor bpjs. jadi tolong sistem itu di ubah kita rakyat kecil. makasih

    saya masuk jam 8 kebagian no 103 dan menungg

    BalasHapus
  12. Dear kepala BPJS kesehatan,

    Saya peserta BPJS mandiri karena sudah tidak bekerja lagi dengan no VA. 000 140 721 7195. Anak kami no. VA. 000 140 721 7217 selain peserta BPJS juga peserta AXA mandiri. Kami akan melakukan claim asuransi ke AXA mandiri tetapi terkendala beberapa persyaratan, salah satunya kuitansi pembayaran rumah sakit (BPJS). Pihak rs tidak bisa memberi, kalau mau kuitansi kita harus membayar tunai. Ini artinya kita tidak akan pernah bisa melakukan claim asuransi. Mohon penjelasan dari BPJS. Kepada AXA mandiri mohon saran untuk kasus seperti di atas.
    Terimakasih.

    Salam hormat,
    TJ

    BalasHapus
  13. Kami sejeluarga sudah ajukan pindah jekas dari jekas 1 je jelas 3,dari tgl.15 september tetapi sampai hari ini 19 september belum berubah dan malah status jeoesertaan jadi tidak aktif nomor kami 0001483863884 a.n soeguarto wibowo

    BalasHapus
  14. Kepada BPJS Kesehatan

    Saya Mau Komplen Klinik BPJS Terutama Klinik Taman Anggrek, Hari ini 22 Sep 2016, saya menghubungi Klinik tersebut untuk pemeriksaan Gigi tetapi ternyata setelah saya hub saya mendapat jawaban bahwa untuk pemerisaan gigi ada daftar tunggu/antri dan saya hanya bisa mendapatkan tgl kosong di bulan Nov, tepatnya tgl 28 Nov 2016. masalahnya adalah bagaimana seseorang yang sedang memerlukan pengobatan gigi harus menunggu selama itu. dan alasan yang di berikan oleh petugas tersebut adalah karena jumlah pesertanya sudah hampir 15.000 lebih. Sebagai peserta BPJS saya tentunya kecewa, karena saya tetap harus membayar BPJS Kesehatan kelas 1 tetapi saya tidak dapat menikmati manfaat dari apa yang sudah saya bayarkan, padahal iuran yang saya bayarkan bukan nilai yang kecil setiap bulan. Saya minta Pihak BPJS memikirkan kembali semua kerja sama dengan pihak Klinik, jika penanggananya hanya seperti ini.

    Terimakasih.

    BalasHapus
  15. Percuma ga akan didengar semua keluhan kita. Kita dipaksa untuk bayar bpjs terus sampai semua anggota keluarga kita, tp pelayanan dan fasilitas tdk pernah dipikirkan!! Permainan pemerintah. Ckckck....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas aditya, kolom ini lo cuman pencitraan aja biar keliatan peduli sama komplain kita, padahal balasan juga gak ada, bisanya makan duit rakyat

      Hapus
    2. Betul sekali mas saya juga sangat kecewa sekali dengan pelayanan BPJS.Sangat merugikan dan tdk membantu sama sekali

      Hapus
  16. Saya dan keluarga 2 orang ikut bpjs kelas 1 yang setiap bulan membayar 240 ribu karena 80 ribu x 3 orang, lalu tdi saya kaget kenapa bulan oktober ini tagihannya jadi 320 ribu, lalu saya tanya call centre bpjs katanya bulan september 2016 kemarin pas saya bayar 240 ribu lewat ATM itu masuk ke nama saya semua sedangkan 2 orang keluarga saya yang lain dianggap belum melunasi, khan sudah jelas ini kesalahan bpjs, karena kertas bukti pembayaran bulan kemarin tertulis 3 pst yang berarti 240 ribu untuk 3 orang peserta. Jadi tolong deh BPJS klo mau buat peraturan baru dimantapkan dulu dong jangan asal aja, jadi sekarang saya yang repot harus ke kantor BPJS lagi ngurusin kayak begini.

    BalasHapus
  17. Saya dan keluarga 2 orang ikut bpjs kelas 1 yang setiap bulan membayar 240 ribu karena 80 ribu x 3 orang, lalu tdi saya kaget kenapa bulan oktober ini tagihannya jadi 320 ribu, lalu saya tanya

    BalasHapus
  18. Kepada Yth. Pimpinan BPJS
    Saya peserta BPJS kesehatan dari PNS dengan Fasilitas Kelas 1, kebetulan saya dirawat di Rumah Sakit Swasta dan pasca Rawat saya berobat jalan selama 3 bulan selama berobat jalan ternyata ada obat yang tidak ditanggung BPJS/harus membeli sendiri.
    Saya ingin Konfirmasi berapa limit untuk pasien BPJS kelas 1?, atau apa dikarenakan saya dirawat Di RS Swasta sehingga harus membeli sendiri obat diluar BPJS?
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  19. hari ini.. ibu saya ke kantor pos untuk pembayaran 1 keluarga.. bulan september saya sendiri membayar 160.000 (krn premi bulan agustus belum saya bayarkan) saya pun menyadari itu..
    namun pada hari ini.. ibu saya kaget karena premi saya tetap 160.000 sedangkan saya sudah tidak ada lagi tunggakan yg blm dibayarkan.. maka hri ini pembayaran bpjs blm di lakukan..

    tolong diperbaiki kembali sistemnya..

    BalasHapus
  20. Untuk BPJS tolong dinperbaiki lagi sistem nya. Saya dsini buka pembayaran Loket BPJS. Banyak sekali yg komplaim di bulan ini dan kmren. Banyak yg bayat pafa besar semua padahal mereka tiap bulan bayar terus. Yg rugi saya n yg di marahi saya oleh Konsumen. Bpjs bukan nya membantu rakyat malah menipu rakyat klu spserti ini. Tolong diperbaiki lagi jangan sampai rakyat miskin mesti membayar BPJS terlalu mahal seperti bulan ini

    BalasHapus
  21. Untuk BPJS tolong dinperbaiki lagi sistem nya. Saya dsini buka pembayaran Loket BPJS. Banyak sekali yg komplaim di bulan ini dan kmren. Banyak yg bayat pafa besar semua padahal mereka tiap bulan bayar terus. Yg rugi saya n yg di marahi saya oleh Konsumen. Bpjs bukan nya membantu rakyat malah menipu rakyat klu spserti ini. Tolong diperbaiki lagi jangan sampai rakyat miskin mesti membayar BPJS terlalu mahal seperti bulan ini

    BalasHapus
  22. Nama saya Yanuar Priambodo,saya barusan td siang membayar premi bpjs kls 1 rp. 1.060.000 an. Sutini dgn no:1850770506 krn ada peralihan individu k kk dan sdh sy pastikan telah aktif. Malamnya ibu sy yg notabene dlm perawatan pasca stroke tdk bs menggunakan fasilitas bpjs yg tlh kami selesaikan pembayarannya, dikarenakan ada persyaratan krgnya surat rujukan dr puskesmas. Padahal sy tlh melampirkan skdp dr dokter yg tertera tgl 3/10/2016. Seharusnya blm ada 1 bln. Rs tidak mau menerima dgn alasan ttp hrs ada rujukan dr puskesmas. N sy minta kebijakannya untuk minta surat rujukan dr arsip rumah sakit tp tdk dikasih dgn alasan arsip sudah diberikan k pihak bpjs. Padahal ibu sy sudah mengeluh kesakitan. Sy minta untuk diarahkan k ugd tetapi kami ditakut2 bhw ada kriteria perawatan ugd yg bs dicover bpjs. Daripada nanti ibu sy tdk masuk kriteria ugd dan harus bayar doble ke dokter spesialis maka saya terpaksa pake fasilitas umum. Ibu sya adalah pasien bpjs dgn faske tgkt peetama di rsi unisma malang. Apakah memang prosedurnya seperti ini dan tdk ada alternatif apabila ada kasus sepetti ini. Kl misal memang toh prosedurnya kaku seperti ini seharusnya faskes tgk pertama jg memberikan layanan 24 jam untuk memberikan surat rujukan. MOHON JAWABAN DAN KALAU BISA EVALUASI AGAR BPJS LBH BAIK K DEPANNYA. Kami masyarakat sudah membayar premi setiap bulan dan dipaksa membayar 1 kk beserta denda2nya masak tidak ada perubahan sama sekali terkait kemudahan pelayanan

    BalasHapus
  23. Nama saya Yanuar Priambodo,saya barusan td siang membayar premi bpjs kls 1 rp. 1.060.000 an. Sutini dgn no:1850770506 krn ada peralihan individu k kk dan sdh sy pastikan telah aktif. Malamnya ibu sy yg notabene dlm perawatan pasca stroke tdk bs menggunakan fasilitas bpjs yg tlh kami selesaikan pembayarannya, dikarenakan ada persyaratan krgnya surat rujukan dr puskesmas. Padahal sy tlh melampirkan skdp dr dokter yg tertera tgl 3/10/2016. Seharusnya blm ada 1 bln. Rs tidak mau menerima dgn alasan ttp hrs ada rujukan dr puskesmas. N sy minta kebijakannya untuk minta surat rujukan dr arsip rumah sakit tp tdk dikasih dgn alasan arsip sudah diberikan k pihak bpjs. Padahal ibu sy sudah mengeluh kesakitan. Sy minta untuk diarahkan k ugd tetapi kami ditakut2 bhw ada kriteria perawatan ugd yg bs dicover bpjs. Daripada nanti ibu sy tdk masuk kriteria ugd dan harus bayar doble ke dokter spesialis maka saya terpaksa pake fasilitas umum. Ibu sya adalah pasien bpjs dgn faske tgkt peetama di rsi unisma malang. Apakah memang prosedurnya seperti ini dan tdk ada alternatif apabila ada kasus sepetti ini. Kl misal memang toh prosedurnya kaku seperti ini seharusnya faskes tgk pertama jg memberikan layanan 24 jam untuk memberikan surat rujukan. MOHON JAWABAN DAN KALAU BISA EVALUASI AGAR BPJS LBH BAIK K DEPANNYA. Kami masyarakat sudah membayar premi setiap bulan dan dipaksa membayar 1 kk beserta denda2nya masak tidak ada perubahan sama sekali terkait kemudahan pelayanan

    BalasHapus
  24. Saya Yanuar Priambodo. Saya Kemarin tgl 24 Oktober 2016 telah melakukan pembayaran premi BPJS sebesar Rp. 1.060.000 dengan kepersertaan kelas 1. Pembayaran dikarenakan adanya pengalihan dr individu ke keluarga. It's oke. Setelah saya bayarkan kartu telah aktif. Pada Malam harinya saya menggunakan fasiltas BPJS ke Rumah Sakit Islam Malang, dikarenakan ibu saya yang notabene memiliki penyakit stroke mendadak sakit kembung dan mengeluh sakit dibagian perut. Saya berangkat saja karena saya sudah biasa menggunakan fasilitas BPJS. Namun sesampainya di rumah sakit saya dimintai surat rujukan balik dari Puskesmas, padahal sudah ada SKDP yang telah diperpanjang oleh Dokter Rumah Sakit. Surat Rujukan Balik saya mungkin keselip atau gimana dikarenakan sy sebelumnya bolak balik rs karena ibu saya barusan menjalani rawat inap. Karena ditolak maka saya manawarkan untuk dibawa ke UGD pihak RS menakut nakuti bahwa ada beberapa kriteria Pasien yang dicover BPJS di UGD, jadi kl misal tidak masuk kriteria maka saya harus bayar sendiri. Karena terpaksa dan mempertimbangkan biaya yang saya keluarkan maka saya langsung mendaftar d jalur umum ke dokter spesialis yang saya gunakan. Pertanyaannya, apakah syarat Rujukan Balik dari Puskesmas sangat sebegitu pentingnya apabila dalam kondisi darurat seperti itu?. Ok, saya bisa menerima bahwa itu prosedur baku, namun apakah Puskesmas bisa memberikan layanan pemberian rujukan ke RS, padahal ibu saya mengeluh sakit pada malam hari??, Terus Apakah di Setiap Puskesmas ada Dokter Syaraf yang langsung menangani apabila ibu saya, saya larikan ke Puskesmas. Mohon BPJS bisa mengevaluasi diri dari kasus yang saya alami. Kl toh memang surat rujukan Puskesmas begitu pentingnya seharusnya untuk mengantisipasi adanya kehilangan atau apapun, RS memiliki Back Up Surat Rujukan yg diminta pada kontrol sebelumnya, dan pasien disuruh memfoto kopi. Gara-Gara selembar kertas, yang seperti di atas segala2nya PAsien ditelantarkan sangat tidak manusiawi dan terpaksa harus membayar lagi sangat-sangat mengecewakan. Terima Kasih. Dan kepada Bapak Presiden Jokowi Tolong turun Kelapangan dan ini dibenahi. Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya memang klo daftar lwt poli hrs menggunakan surat rujukan. Namun untuk keadaan darurat bisa langsung ke IGD rumah sakit tersebut tanpa surat rujukan. prosedur bpjs kan memang seperti itu...surat rujukan dr dokter/puskemas syarat penting buat klaim pencairan dananya

      Hapus
  25. Ini gimana pelayanan BPJS khusu fisoteraphy..masa khusus pelayanan BPJS pake kuota pasien.dan klo tidak kebagian kuota pasien dipaksa ikut jadwal selanjutnya.udah keburu komplikasi ini penyakit saya.dan 1 lagi yg perlu dicatat antri biar dpt jatah kuota di bawah jam 6 pagi dan itu masih gembling dapat ato tidak jatahnya...udah kaya rakyat miskin yg pake BPJS ini.padahal kita kan bayar..gmn ini pemerintah jangan cm mau dibayar aja tapi pelayanannya hancur begini

    BalasHapus
  26. Ini bagaimana pelayanan BPJS..masa mau daftar ke klinik ato RS harus pake kuota pasien..saya antri untuh therapy dr jam 5 pagi dan pas kebabgian no. Antri saya loketnya beralasan "kuotanya habis.bapa harus datanglebih pagi.dan bisa datang lg minggu depan" gila apa.masa saya harus datang jam 4..tapi pasien umum dengan gampangnya daftar lngsng bisa therapy...dan saya disuruh datang seminggu lagi..keburu penyakit saya tambah parah..beginikah pelayanan BPJS.duit rakyat dipalak.tapi pelayanan hancur begini

    BalasHapus
  27. Kepada yth BPJS,

    Hari ini saya baru menggunakan BPJS saya, saya sudah menjadi peserta sejak 28jul15 dan membayar iuran kelas I 80rb rupiah per bulan dan mungkin setelah bulan ini kantor yang akan melanjutkan. Faskes tingkat I : Klinik Wahana II (JST) di jalan bugis tanjung priok jakarta utara.

    Saya baru pertama kali berobat dan pertama menggunakan bpjs saya.

    Di pintu klinik tertulis tutup jam 8 malam, saya sampai di klinik jam delapan kurang sepuluh saya sudah tidak di terima dengan alasan di bagian pendaftaran bilang sudah tutup, pasien sudah banyak (ternyata cuma ada 4 pasien tapi diantar oleh keluarganya) dan nanti takut dimarahi dokter. Saya bilang di pintu tutup sampai jam 8 kenapa tidak diterima ? Karena saya bekerja dan perjalanan dari kantor ke klinik butuh waktu. Saya minta tolong untuk satu pasien saja karena saya tidak lihat ada pasien lain, tp tetap tak diterima. Dan parahnya lagi mba ini sangat judes dan angkuh.

    Saya mencoba ke dokter saya bilang belum jam 8 pendaftaran sudah tak menerima, lalu saya minta tolong satu pasien saja yaitu saya, dokter hanya bilang "wah tidak tahu bu tergantung di depan" saya bilang di depan tidak mau terima, dia bilang lagi saya tidak tahu bu" , saya bilang "dokter bisa bantu saya langsung saja ke dokter?" Dokter bilang " ibu bpjs?" Saya bilang "ya" lalu dokter bilang "ga bisa bu bpjs harus daftar di depan" trus saya bilang ke dokter "dia ga mau terima pasien lagi karena takut dimarahi dokter" dokter hanya ketawa akhirnya bilang " bilang saja di depan disuruh oleh saya"

    Dan saya melihat setiap pasien hanya 1-3 menit di ruang peneriksaan, selama saya berdiri saja selama 3 menit sudah dua pasien tertangani, tinggal satu orang dan saya. Saya selesai dan keluar jam 8 lewat sepuluh. Lalu kenapa buru-buru sekali petugas2 klinik ini?

    Saya miris dengan pelayanan ini, BPJS punya tujuan mulia tapi kenyataan di lapangan tidak, mohon untuk diperhatikan mengingat bpjs adalah pelayanan untuk orang sakit, mohon tempatkan orang-orang yang baik, sabar, berkualitas dan bertanggung jawab, profesional dan yang hatinya untuk dedikasi, klo perlu di training dahulu sebelum diterjunkan ke masyarakat. Mohon untuk diperhatikan dan ditingkatkan kualitas orang2nya sehingga bisa jadi lebih baik, dapat diandalkan masyarakat, dan membanggakan negara. Dan mohon link untuk pengajuan keluhan bpjs di perhatikan atau diperbaiki karena link nya susah dibuka.

    Terima kasih,
    Dian -tanjung priok jakut
































    BalasHapus
  28. Setelah saya baca keluhan" nya Saya kira percuma saja, menyampaikan keluhan dsini, tak ada satu pun yg di respon, dengan pelayanan seperti ini, dan jaringan yg sering terkena gangguan, dan jumlah tagihan yang menjadi berkali" lipat, kecewa sekali rasanya

    BalasHapus
  29. Kepada Yth BPJS


    Untuk keterlambatan pembayaran mohon cantumkan jumlah denda, karena pada bulan berikutnya kita bayar sesuai premi tanpa denda..dan pada saat harus rawat di rumah sakit BPJS tidak bisa digunakan karena belum membayar denda..kita tidak tahu denda ada berapa..mohon BPJS menjelaskan lebih rinci apabila ada denda..

    saya sangat kecewa karena kurangnya pelayanan dari BPJS.

    BalasHapus
  30. Kepada BPJS

    Saya kecewa dengan pelayanan dari BPJS..
    Untuk Keterlambatan pembayaran kenapa tidak ada pemberitahuan denda, sehingga pada saat akan digunakan tiba2 diberitahu kartu tidak aktif karena belum membayar denda..
    sedangkan BPJS tidak pernah memberitahu berapa jumlah denda yg harus dibayar dan tidak ada penyampaian apapun..tolong hal2 seperti ini untuk dapat segera ditindaklanjuti..

    BalasHapus
  31. Yth Kepala BPJS Surabaya, mohon dokter tugas yg d klinik bpjs wilayah manukan surabaya agar di evaluasi ulang, krn klo mendiagnosa tidak prnh memberi tahu pasiennya terkena sakit apa dan hanya diberi ibat dan d suruh habiskan, setiap balik lg oasti sprt itu lg dan kg, pdhl obat yg diberikan tidak ada kemajuan buat sakit si pasien. Dan etika dokternya tlg jg diperbaiki. Terimakasih

    BalasHapus
  32. Kepada Yth Bpjs

    Saya mengajukan permohonan mutasi pindah faskes melalui Badan Usaha lewat aplikasi e-dabu,tiket sudah selesai tapi sampai saat ini saya blm bisa cetak kartu melalui aplikasi administrasi kepesertaan bpjs,mohon bantuanya terima kasih.

    BalasHapus
  33. Kakak Saya peserta BPJS kesehatan, setelah ke klinik & di rujuk ke RSUD tangerang kota akan di operasi tapi nunggu antrian bisa lebih dari 1 bulan kata petugas RSUD tersebut. Karena sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya kami bawah RS swasta dan dilakukan USG dan lain lain. RS swasta menyarankan segera di operasi. Bisa minta tolong agar Kakak bisa segera di operasi melalui jalur BPJS ?

    BalasHapus
  34. Bpjs ini niatnya baik, tapi implementasinya buruknya minta ampun, dalam kondisi darurat masih saja mengkotak kotakan perwilayah... Entah rumah sakitnya, sistemnya, atau manusianya yg buruk...

    BalasHapus
  35. Saya merasa kecewa di klinik bersalin fakhira yg di mangarai saya mau kontrol periksa istri saya yg bekas persalinan sesar .saya mengunakan bpjs kenapa dia bilang kalo kontrol tidak bisa mengunakan bpjs tolong di perjelaskan.

    BalasHapus
  36. Yth BPJS saya mau bertanya apakah pengguna BPJS hanya berlaku dimana tempat daerah mendaftar BPJS saja tidak berlaku lagi di daerah lain..sbab skarang saya dan keluarga alami begitu..saya dan keluarga sekarang berkunjung ke rumah mertua tepaknya di daerah jogjakarta tapi pas anak saya sakit dan d bawah ke klinik yang melanyani fasilitas BPJS di jogja kenapa pelayan klinik itu berkata kartu BPJS anak saya tidak bisa digunakan di klinik atau daerah jogja..padahal tagihan kartu BPJS keluarga kami belum ada dan kami tidak pernah lambat membayar iurannya..tolong kepada BPJS jelaskan apakah kartu BPJS itu berlaku cuma dimana daerah kita mendaftar saja bukan berlaku di seluruh indonesia..

    BalasHapus
  37. Yth,Bpjs Cirebon jawa barat,
    Kenapa tidak bisa cetak kartu ID di email pribadi saya, saya daftar Bpjs via online 20 hari an yg lalu.. Setelah 14 hari kami bayar iuran di mini market terdekat sesuai kode virtual account nya.. Dan pas di cek di email saya masih tertulis belum bayar tagihan atau belum bs cetak kartu id nya.. Jd mohon bagaimana solusinya supaya saya tidak perlu ke kantor Bpjs nya di karena waktu dan tempat yg jauh.. Trmksi

    BalasHapus
  38. Yth,Bpjs Cirebon jawa barat,
    Kenapa tidak bisa cetak kartu ID di email pribadi saya, saya daftar Bpjs via online 20 hari an yg lalu.. Setelah 14 hari kami bayar iuran di mini market terdekat sesuai kode virtual account nya.. Dan pas di cek di email saya masih tertulis belum bayar tagihan atau belum bs cetak kartu id nya.. Jd mohon bagaimana solusinya supaya saya tidak perlu ke kantor Bpjs nya di karena waktu dan tempat yg jauh.. Trmksi

    BalasHapus
  39. Yth.kepala bagian bpjs kesehatan pusat, saya ingin menyampaikan prihal pelayanan bpjs kesehatan kota metro yg tidak mau menerima surat lamaran kami jam4 sore hari,padahal keterangan diwebsite adalah jam5 sore,kami tentu saja merasa kecewa dengan seseorang yg tidak mau menerima berkas lamaran kami padahal kami datang jauh2 dari kota bandarlampung

    BalasHapus
  40. Dear bpjs, tlg utk pelayanan pasien rawat jln agar lebih di tingkatkan lagi, dan utk pelayanan dibuka lebih pagi, jgn seperti layanan BPJS di rumah sakit Siloam Jambi pelayanan dari bagian administrasinya sungguh lambat.thx

    BalasHapus
  41. Salam npjs,kenapa kalau buat kacamata di tempat yg ditunjuk oleh bpjs pembuatan lama dan harga frame serta lensa lebih mahal dr optik yg bukan bpjs dan kualitas framenya jg tdk bagus

    BalasHapus
  42. Saya sekeluarga ikut BPJS Karyawan (Klas 1), cukup besar bagi kami jika pelayanan BPJS atau klinik tidak pernah dievaluasi dan dikontrol. Karena di Klinik KK Tanjung Duren untuk berobat sakit gigi mendaftar 1 bulan belum dipanggil dengan alasan banyak yang antri. Logikanya mana ada yang nahan sakit gigi 1 bulan, 1 hari saja sakitnya minta ampun. Nach akhirnya saya dan istrinya harus berobat sakit gigi di klinik lain yang bayar, jadi apa gunanya bayar BPJS tapi saya juga tetap harus berobat di klinik yang bayar. Sudah beberapa kali berobat anak saya, dikasih resep dengan jawaban di klinik tidak ada obatnya.
    Mohon tindak lanjut dan teguran keras kepada oknum klinik yang tidak memberikan pelayanan prima sesuai ketentuan dan kebutuhan pasien.

    Kami ini sudah membayar, tolong ada timbal balik, kami juga tidak tiap hari sakit, kalo ditawari kami juga tidak mau sakit, kenapa yang bayar aja dipersulit apalagi BPJS yang tidak bayar (Karena Mertua saya sudah masuk daftar tunggu sinar utk kanker dijanjikan maksimal 1 bulan, ini sudah 2 bulan tidak dihubungi.
    Tolong BPJS jangan hanya mau uang kami, tapi tidak memerikan pelayanan yang baik pada kami.
    Sedih saya melihat institusi sosial seperti ini.

    BalasHapus
  43. BPJS adalah perusahan yang harus dittutup jangan sama jokowi goblok,tapi masayarakat islam yg tahu syariah. masa sekali daftar sekarang harus bayar denda tiap bulan padahal tidak memakai fasilitas satu kali pun. ini perusahaan atau rentenir??? tolong pihak BPJS atau pihak yg berwenang memberi penjelasan??? jangan cuma mau gaji buta doang.

    BalasHapus
  44. kasihan banyak orang yang bertanya mengenai keluhan yang seharusnya bisa dijawab oleh BPJS Kesehatan tetapi hak mereka tidak diperhatikan seolah-olah hanya obrolan semata yang mencuat oleh segelintir orang yang benar-benar peduli dengan berbagai pelayanan kususnya melayani para masyarakat yang membutuhkan pertolongan. ini adalah program pemerintah untuk masyarakat di seluruh indonesia agar mudah dalam menerima pelayanan kesehatan. jadi mohon tanggapan untuk orang-orang yang menanyakan tentang keluhan BPJS Kesehatan jika program ini ingin dikatakan sukses, berhasil dan dapat memiliki kepuasan tersendiri bagi masyarakat luas.

    BalasHapus
  45. Mohon di balas..
    Sebelumnya kartu bpjs kaka saya belum bayar selama 3 bulan pada saat ingin membayar tunggakan di suruh melunasi semua yg ada di KK dari kepala keluarga istri dan anak anaknya . Tuggakan itu sebesar 1,3 juta dan semua sudah di bayar dan ada buktinya pada saat bulan berikutnya kenapa masih ada tunggakan sebesar 800 ribu.
    Kaka saya sekarang sedang sakit tipes 5 hari, sudah ke puskesmas untuk berobat di anjurkan di rawat inap saat pegawai puskesmas mengurus bpjs kaka saya ternyata tidak bisa karna masih ada tunggakan 800 rbu , lalu saya segera ke tempat kantor BPJS di kelapa gading dan saya menanyakan tunggakan itu kenapa masih ada tunggakan 800 rbu padahal saya sudah melunasinya lalu saya menunjukan bukti pembayaran tunggakan sebelumnya 1,3 juta lalu pegawai bpjs hanya bilang sedang dalam proseesss .dan saya balik lagi ke puskesmas memohon supaya di rawat tetapi tetap saja tidak bisa dngn alasan masih ada tunggakan..
    Ya allah padahal itu uang kita sendiri tiap bulan kita bayar kenapa di bikin ribet seperti ini .. apaa menunggu kaka saya sampai sekarat atau sampai meninggal kalian pun tak perduliiii.. dimana manusiawi kaliaaaannn ...

    BalasHapus
  46. Bpjs kurang respon,kecuali dah masuk media baru dah kebakaran jebggot

    BalasHapus
  47. SEBENARNYA BPJS NIAT GAK SIH BUAT PELAYANAN????????? SAYA MAU MENON-AKTIFKAN KARTU BPJS AGAR BISA DILANJUTKAN OLEH PERUSAHAAN SAYA YANG BARU, TAPI DARI PIHAKBPJS GAK ADA RESPONNN SAMA SEKALI................ NIAT GAK SIHH????

    INI LEMBAGA SERIUS GAK SIHHHH??????????????? MAKIN HARI MAKIN GAK JELASSS

    BalasHapus
  48. Yth
    Bpjs kesehatan

    Saya ingin mengadukan, berawal dari saya ingin menonaktifkan bpjs kesehatan orangtua saya kelas 1 karna percuma bayar terus tapi tidak pernah mereka gunakan, dan saya meminta solusi dengan mendatangi Kantor bpjs untuk wilayah jakarta pusat, dan diberi petunjuk apabila ingin pindah ke gratis persyaratannya fc ktp kk dan menyerahkan pembayaran terakhir ke puskesmas. Setelah itu dengan segera saya lunasi pembayaran bpjs kesehatan yang sama sekali fasilitasnya belum mereka manfaatkan tapi sudah hampir sebulan kenapa masih saja ada tagihan,sedangkan saya sudah tidak bekerja dan tidak mampu lagi membayarkan bpjs kelas 1 dengan peserta dikeluarga ada 3 orang ?yang ingin saya tanyakan mengapa lelet sekali pelayanan nya bpjs kesehatan ini? Dan kebetulan saya sedang hamil, untuk menggunakan bpjs saya saja di rsud setempat saya harus mengalami problem dikandungan saya dulu, baru diberi rujukan! Tolong jangan seperti itulah apakah salah bila saya juga ingin memaNfaatkan program tsb

    BalasHapus
  49. Yth
    Bpjs kesehatan

    Saya ingin mengadukan, berawal dari saya ingin menonaktifkan bpjs kesehatan orangtua saya kelas 1 karna percuma bayar terus tapi tidak pernah mereka gunakan, dan saya meminta solusi dengan mendatangi Kantor bpjs untuk wilayah jakarta pusat, dan diberi petunjuk apabila ingin pindah ke gratis persyaratannya fc ktp kk dan menyerahkan pembayaran terakhir ke puskesmas. Setelah itu dengan segera saya lunasi pembayaran bpjs kesehatan yang sama sekali fasilitasnya belum mereka manfaatkan tapi sudah hampir sebulan kenapa masih saja ada tagihan,sedangkan saya sudah tidak bekerja dan tidak mampu lagi membayarkan bpjs kelas 1 dengan peserta dikeluarga ada 3 orang ?yang ingin saya tanyakan mengapa lelet sekali pelayanan nya bpjs kesehatan ini? Dan kebetulan saya sedang hamil, untuk menggunakan bpjs saya saja di rsud setempat saya harus mengalami problem dikandungan saya dulu, baru diberi rujukan! Tolong jangan seperti itulah apakah salah bila saya juga ingin memaNfaatkan program tsb

    BalasHapus
  50. Percumah ngeluh ga da tanggapan nya dari pihak yg bersangkutan.....belum lagi pelayanan kesehatan nya yang tidak memuaskan....masa jatuh dari tangga sakit di sebelah dada di kasih obat lambung.....kayak yang gratis aza padahal askes/bpjs udah langsung di potong dari pensiun ortu....terlalu

    BalasHapus
  51. Kepada BPJS
    Mau menanyakan sebenarnya apa saja pelayananan yang di cover BPJS,atau harus nunggu orang sekarat baru di cover,Awal saya dan suami sudah bayar tunggakan kelas 1 selama 6 bulan sudah saya bayar lunas,saya periksa ke obsgyn dan harus membayar sebesar 360.000 alasannya indikasi ingin anak, saya kecewa dan akhirnya pindah kelas 3,namun semalem saya masuk UGD karna muntah terus akhirnya juga tetap membayar sebanyak 203.000,mungkin ada yang menganggap uang segitu sedikit,tapi kami kecewa dengan pelayanannya

    BalasHapus
  52. Yth bpjs, sy ingin menanyakan mengenai virtual account yang blank sewaktu aktivasi. Sy mendaftar via online lalu sy menerima email untuk aktivasi. Sy klik aktivasi kemudian waktu sy mendownload virtual account untuk semua keluarga sy hasilnya blank.sudah sy coba refresh tp tetap blank. Berikut nomer registrasinya 352502191108821320170726184843
    Mohon sekiranya agar diaktifkan agar sy bisa melunasi pembayaran ke bank. Trimakasih

    BalasHapus
  53. Yth,
    bpjs kesehatan

    Sy ingin menanyakan tentang virtual account yg blank ketika aktivasi. Sy mendaftar secara online, lalu sy menerima email untuk aktivasi. Setelah sy aktivasi kemudian sy donload nomer virtual account format pdf nya. Namun ketika sy donload semua keluarga isinya blank. Tidak ada nomer virtual account yg bisa digunakn untuk membayar. Berikut nomer aktivasinya 352502191108821320170726184843
    Mohon sekiranya diaktifkan agar bisa segera dilakukan pembayaran. Trimakasih

    BalasHapus
  54. Yth,
    Bpjs kesehatan

    Sy ingin menanyakan mengenai virtual account yg blank sewaktu aktivasi pendaftaran online. Sy sudah mendapatkan email untuk aktivasi, namun setelah sy aktivasi dn sy download, dn sy buka file pdf nya ternyata blank (tidak muncul apapun di lembar pdf). Semua anggota keluarga blank tidak muncul apapun. Sehingga sy tidak bisa membayar iurannya karena tidak ada nomer virtual account yg muncul. Berikut nomer registrasinya 352502191108821320170726184843
    Mohon segera ditindaklanjuti agar segera bisa dibayarkan iurannya dn bisa digunakan kartunya. Trimakasih

    BalasHapus
  55. Kepada bpjs ..saya baru berobat ke klinik kurnia medan..kampung lalang bagian dokter gigi..dokter nya bilang kalo bersihkan karang gigi bapak harus bayar rp 120000 karna tidak ditanggung oleh bpjs...apakah itu memang sudah aturan dari bpjs tsb atau memang kliniknya yang nakal(dokternya)..karna tiap bulan gaji kita uda potong untuk iuranya..tolong penjelasanya

    BalasHapus
  56. Ada apa dengan Sistem BPJS ini ya? Koq begitu banyak komplain dan keluhan dari berbagai lapisan masyarakat????

    BalasHapus
  57. Saya sudah bayar 2 kali,kok belum dpt kartu bpjs.
    Pas saya telp katanya Data saya dobel.
    Tolong tangapannya. Maksh

    BalasHapus
  58. Mungkin hrs sekali kali ada demo besar besaran bubarkan bpjs,bila tidak ingin hal ini terjadi,tlg penanggung jwb bpjs perhatikan keluhan pelayanan kesehatan jg sistim bpjs yg sangat jauh dari memuaskan,kesabaran rakyat ada batasnya.sy sungguh cape dan buang sangatbnyk waktu urusan ama bpjs.sy sakit infeksi rahim dan radang panggul jg mulut rahim hampir pendarahan,sy sdh medical pakai uang sndiri jutaan agar dokter lbh mudah dan tepat memberikan obat jg tindakan,semua hasil sdh sy bw,tp sy cuma dikasih obat buat lima dari dan suruh dtg 1 bulan lg.penyakit sdh kronis mana sembuh minum obat lima hari,badan sy msh ga karuan dan sy dtg lg ke Rs tsb tp kartu bpjs sy di blok di rs tsb alias ga bs berobat sblm satu bulan,sedangkan sy mau minta faskes diklinik pertama ga boleh katanya sdh aturan dari bpjs,seblm tiga bln sesuai rujukan ga bs minta rujukan lain.kalau begini org bkn sembun tp cpt mati krn setengah setengah,sedangkan sy sdh ikut bpjs 7 bln tp baru skrg pakai buat infeksi rahim sy walau sdh kronis sy memilih mengumpulkan hasil mdical pakai uang pribadi agar saat berobat bs dpt penanganan yg tepat dan cpt.tiap bln sy byr bpjs klas 1 bkn gratis,bila pelayanannya buruk dan dibedakan,untuk apa ikut bpjs.lbh baik uangnya beli asuransi swasta yg mengcover seluruh keluarga.atau sekalian disimpan daripd berobat pakai bpjs terasa sprti org bodoh.sikap Dr jg sngt beda.perbaiki data yg salahpun hrs bulak balik bpjs ga ckp sekali kan kasian org yg jauh dari ktr bpjs apalg kalau mrk ga ada ongkos,kalau ada penyakit dua macam brati ngobatinnya satu satu yah,dan kalau klinik sdh ksh rujukan seblm masa berlaku hbs ga bs minta rujukan lg,kalau kondisi org sdh parah kan kasian jngn sekarat baru diterima,itupun sering alasan kamar full

    BalasHapus
  59. Bulan februari kmrn saya mndaftar ke bpjs sdh sesuai persyaratan saya pilih klas 1 yg dgn pembayaran melalui autodebet bank yg di tunjuk...sesudah saya bayar iuran awal melalui alfamart sdh cetak kartu juga...pd bulan selanjutnya knapa pembayaran tidak ada autodebet pd tabungan saya...sdangkan saya posisi bekerja di LN bagaimana pengurusan pembayaran ini...

    BalasHapus
  60. As,muf sebelumnya,saya mau nanya.
    Saya'kan bikin bpjs,yg direkomendasikan oleh dinsos,katanya 1 hari langsung aktif,ea itu emang benar!v katanya bayarnya cuman jangka 5 bulan setelah itu d setop sendiri,katanya!! v ampe sekarang terus harus bayar,pertama buat bln 8-2017,itu gimana ea,saya minya solusinya???

    BalasHapus
  61. Percuma punya kartu indonesia sehat..jika di ugd RSAL harus bayar dan disuruh pulang

    BalasHapus
  62. Ke ugd RSAL di suruh BAYAR meski punya bpjs dan KIS

    BalasHapus

close